Posisi Tidur Yang Terbaik Dan Terburuk Untuk Kesehatan

Kita semua tahu bahwa tidur malam yang baik sangat penting bagi kesehatan kita. Tapi apakah anda tahu bahwa posisi tidur anda dapat mempengaruhi kesehatan anda secara umum? Apakah berpengaruh jika anda tidur menyamping, perut dibagian bawah atau punggung? Baca terus untuk menemukan jawaban yang mengejutkan!

Banyak orang bertanya-tanya apakah posisi tidur mereka dapat berkontribusi untuk sakit punggung, leher, atau bahkan perut yang bermasalah. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan membahas yang posisi tidur yang terbaik dan terburuk untuk kesehatan

Posisi Tidur Yang Terbaik Dan Terburuk Untuk Kesehatan
Posisi Tidur Yang Terbaik Dan Terburuk Untuk Kesehatan

Posisi Tidur Terbaik Untuk Kesehatan Adalah Menyamping

Fakta yang menarik: mayoritas orang Amerika (63%) lebih suka tidur menyamping.

Dalam posisi ini, orang yang tidur menyamping sementara punggung sedikit melengkung dengan lutut ditekuk dan lengan dilipat. Banyak yang menganggap posisi ini menjadi sehat, karena membantu untuk menjaga saluran udara terbuka dan sesuai dengan kurva alami dari tulang belakang.

Untuk membuat posisi ini lebih baik, anda dapat menambahkan bantal di antara lutut anda untuk mengurangi stres pada pinggul.

Sebuah studi terbaru dari Stony Brook University menunjukkan bahwa tidur dalam posisi menyamping lebih baik dibandingkan dengan tidur punggung atau perut di bagian bawah, mungkin lebih efektif menghilangkan limbah otak, dan terbukti menjadi praktek penting untuk membantu mengurangi kemungkinan terkena Alzheimer dan lainnya penyakit saraf. Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience pada Juli 2015.

Baca juga : Obat Tradisional Syaraf Kejepit

Proses pembersihan otak, yang disebut sistem glymphatic, membersihkan sampah dari otak mirip dengan cara sistem limfatik tubuh saat membersihkan sampah dari organ-organ. Proses ini paling efisien saat tidur. Sebuah membangun dari limbah otak negatif dapat mempengaruhi proses otak, dan jika limbah ini tidak dibuang dengan benar, kemungkinan penyakit saraf dapat meningkat.

Jika anda cenderung menderita sakit maag , dengan posisi tidur menyamping akan membuat perbedaan, menjadi lebih nyaman dan tidak sakit lagi.

Penelitian telah menemukan bahwa tidur di sisi kiri dapat meredakan gejala sakit maag, sementara sisi kanan tidur membuat mereka lebih buruk. Alasan untuk itu tidak sepenuhnya jelas, dan beberapa teori telah diajukan tentang masalah ini. Jika anda menderita sakit panas dan tidur menyamping tidak akan membantu, tidur menyamping lebih baik untuk di gunakan sebagai alternatif untuk cepat meredakan mulas .

Baca juga : Obat Kanker Tenggorokan Tradisional

Tidur di sisi kiri juga dianjurkan selama kehamilan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan untuk memungkinkan cara darah yang lebih mudah dari jantung ke plasenta untuk menyehatkan bayi. Tidur di sisi kiri juga menjaga berat badan berkembang dari menekan terlalu keras pada hati anda (juga memberikan perhatian khusus terhadap kebiasaan umum lainnya yang dapat merusak hati ). Sementara kedua sisi baik-baik saja selama kehamilan, kiri adalah yang terbaik.

Namun tidur menyamping ke sebelah kiri mempunyai dampak buruk jika anda mempunyai keluhan penyakit pada ginjal.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMJ pada April 2001 masalah mereka menunjukkan bahwa tdiur secara konsisten di salah satu sisi tubuh saja dapat membuat sisi tubuh menahan beban secara berulang, sehingga lebih rentan terhadap batu ginjal. 10 Penelitian memeriksa 110 orang yang menderita batu ginjal pada satu sisi tubuh mereka , dan menemukan bahwa pasien batu ginjal yang sering tidur menyamping mempunyai risiko lebih tinggi.

Disarankan dalam penelitian ini bahwa posisi tidur mempengaruhi aliran darah ke ginjal dan dapat menyebabkan darah lambat beredar ke ginjal sehingga mempengaruhi kemampuan ginjal untuk membersihkan diri dari berbagai zat. Studi tersebut menunjukkan bahwa mengubah kebiasaan tidur dapat membantu mencegah batu ginjal berulang.

Posisi Tidur Terburuk Untuk Kesehatan Adalah Perut Dibagian Bawah

Posisi ini bisa menjadi keras pada punggung dan leher dan membuatnya sulit untuk mempertahankan kurva alami dari tulang belakang anda.

Tidur di perut anda menempatkan tekanan pada sendi dan otot yang dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan.

Jika anda tidak bisa tidur dengan cara lain, untuk mengurangi tekanan pada punggung, anda dapat menempatkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah. Juga menempatkan bantal di bawah kepala anda sehingga tidak terlalu banyak tekanan pada punggung, tetapi jika tidak menyebabkan ketegangan, jangan gunakan bantal sama sekali.

Posisi Tidur Yang Lebih Baik Adalah Telentang

Saat tidur terlentang lebih baik daripada tidur tengkurap atau bagian perut dibawah (seperti punggung, kepala, leher dan tulang belakang mempertahankan posisi netral), masih memiliki kekurangan.

Tidur telentang tidak dianjurkan jika anda rentan terhadap mendengkur dan bagi mereka yang memiliki sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang mengancam jiwa. Tidur telentang juga dapat menyebabkan lidah anda jatuh ke dalam yang dapat memblokir tabung pernapasan.

Baca juga : Makanan Yang Menguatkan Dan Menyehatkan Tulang

Pada tahap akhir kehamilan, dianjurkan untuk menghindari berbaring telentang, posisi ini merupakan posisi yang berat karena dapat menekan uterus pada tulang belakang, otot punggung, dan pembuluh darah besar, yang dapat menurunkan aliran darah ke seluruh tubuh anda dan untuk bayi anda.

Jika anda menderita sakit punggung, dianjurkan untuk menempatkan bantal di bawah lutut anda dan mencoba menempatkan gulungan handul kecil di bawah punggung bawah untuk dukungan tambahan dan untuk membantu mempertahankan kurva di punggung anda. Juga jangan lupa untuk mendukung leher anda dengan bantal.

Itulah posisi tidur yang terbaik dan terburuk untuk kesehatan tubuh. Pastikan anda mempraktikan ini untuk menghindari sakit punggung, sakit leher, ataupun penyakit lainnya yang sudah disebutkan diatas.

Posted By : Jus Kulit Manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *