Manfaat Sayuran Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Pare memiliki nama Latin Momordica charantina. Ada warna hijau gelap juga ada yang berwarna hijau terang, tergantung pada tempat dimana ia tumbuh. Jika kita berbicara mengenai sayuran pare, tentu kita akan berpikir tentang makanan yang sangat pahit. Hal itu wajar, karena memang sayuran ini terkenal dengan rasa pahitnya. Tetapi dibalik rasa pahit tersebut terdapat segudang manfaat yang sangat besar. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas semua manfaat sayuran pare bagi kesehatan tubuh.

Sayuran yang mirip dengan buah mentimun namun memiliki permukaan yang kriting ia biasanya dimasak dengan cara ditumis dengan kedelas, tauge, dan paprika hijau.

Manfaat Sayuran Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayuran Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Pare mengandung banyak sekali nutrisi, diantaranya vitamin B1, vitamin C, lycopene, phyrochemical dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini sangat baik utuk menangkal radikal bebas dari lingkungan yang biasanya menjadi faktor utama adanya penyakit berbahaya.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, buah pare diyakini dapat meningkatkan produksi susu, nafsu makan, dan dapat membuang racun dalam tubuh. Sehingga sering dikonsumsi oleh ibu baru melahirkan yang terlalu sedikit produksi susunya.

Namun, pare juga mengandung kina yang dapat merangsang kontraksi rahim dan dapat menyebabkan keguguran. Sehingga bagi wanita hamil, tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengkonsumsi pare. Terutama bagi wanita yang memiliki rahim yang lemah.

Tidak hanya itu, ternyata pare juga mempunyai khasiat yang bagus untuk kecantikan kulit dan diet.

Berikut adalah manfaat sayuran pare bagi kesehatan tubuh , kecantikan dan diet. Simak dengan baik, ok.

1. Manfaat Sayuran Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Ketika berbicara tentang manfaat kesehatan dari pare, maka itu sangat banyak sekali. Pare memiliki efek menurunkan panas, memperkuat fungsi ginjal, limpa dan hati, pengobatan disentri, bisul, demam, heatstroke , keringat berlebihan, radang selaput mata, kesulitan buang air kecil dan penyakit lainnya. Kemudian kandungan antioksidan yang tinggi, berperan aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menjadi perlindungh dari berbabagai ancaman penyakit yang berbahaya. Namun, bagi mereka yang memiliki gangguan pada limpa dan lambung, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sayuran tersebut. Masyarakat Okinawa, Jepang adalah bukti nyata khasiat pare untuk kesehatan. ini adalah daerah di mana penduduk memiliki umur panjang di dunia.

Baca juga : Obat Tradisional Syaraf Kejepit

2. Manfaat Sayuran Pare Untuk Meningkatkan ASI

Masyarakat Indonesia telah lama mengenal sayuran pare karena sangat bergizi bagi ibu menyususi untuk meningkatkan produksi susu mereka. Selain itu, sayuran ini juga dapat membuat ASI menjadi lebih kental sehingga bayi menjadi kenyang. Anda bisa mengkonsumsi sayuran ini dengan membuatnya menjadi olahan jus yang dikonsumsi setiap hari, pada pagi atau sore hari. Jika Anda tidak tahan rasa pahit, Anda dapat membuat pare sebagai lauk atau sayuran segar. Caranya dengan mengukus pare kemudian dimakan.

3. Manfaat Sayuran Pare Untuk Kecantikan

Selain manfaat untuk kesehatan pare sangat tinggi, menurut penelitian, pare juga sangat berguna untuk merawat kecantikan, baik kecantikan wajah kulit, tubuh, rambut, mata dan bahkan isi penting dalam pare sebagai antioksidan, antiseptik dan antibakterial, akan dipertahankan dalam merawat kecantikan, untuk mendapatkan keuntungan pare untuk kecantikan, Anda dapat membuat masker yang berasal dari sayuran ini dan menggunakanya di daerah wajah, atau jika Anda tahan dengan rasa pahit. Harap menjadi diolah menjadi hidangan lezat.

4. Manfaat Sayuran Pare Untuk Diet Dan Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, sayuran pahit ini bisa menajdi alternatif yang layak dikonsumsi. Pare juga merupakan sayuranyang mengandung serat yang cukup tinggi, serat alami tersebut dapat menjaga perut untuk kenyang lebih lama.  Selain itu pare rendah kalori, bahkan dalam satu cangkir pare hanya mengandung 16 kalori saja, dengan kadar air 90% dan 2,6 gr serat. Kemudian, pare juga dapat mengatasi masalah sakit perut, sembelit, sulit BAB,  dan menurunkan berat badan hingga menjadi kisaran normal.

Itulah beberapan manfaat sayuran pare bagi kesehatan tubuh , kecantikan, dan diet. Untuk mendapat manfaat pare secara maksimal anda harus mengkonsumsinya rutin setiap hari. Terimakasih telah membaca tulisan kami. Sampai jumpa di tulisan kami selanjutnya 🙂

Posted By : Jus Kulit Manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *